Biaya Perpanjangan Website
Tanya Jawab

Biaya Perpanjangan Website Untuk Apa?

Jika Anda melihat semua paket harga toko online atau paket harga website perusahaan, disitu selalu kami tuliskan biaya perpanjangan pertahunya. Mungkin Anda bingung dan bertanya dalam hati, lho ini untuk apa sih? biaya perpanjangan website itu gunanya apa? di artikel ini akan dibahas secara tuntas. Sebelum Anda membangun sebuah website, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

  1. Hosting
    • Bahasa awamnya, Hosting adalah rumah bagi website Anda. Jika rumah adalah tempat menyimpan lemari, sofa, TV dan berbagai perabotan rumah, maka hosting adalah tempat menyimpan semua file website. Jadi kalau Anda upload foto produk, maka foto tersebut sebenarnya masuk ke hosting.
  2. Domain
    • Domain adalah alamat website. Jika dikaitkan dengan rumah, maka ini adalah alamat rumah Anda. Itulah alasan kenapa website bisa diakses dari seluruh dunia. Domain biasanya bertuliskan www.namadomain.com
  3. Lisensi Fitur (Khusus Toko Online)
    • Sebagai contoh adalah lisensi API untuk integrasi ongkos kirim. Ini harus diperpanjang setiap tahunya agar tetap bekerja.
  4. Security
    • Bagaimana dengan keamanan website Anda? sudahkah ada yang menjamin sehingga bisa tidur nyenyak dirumah?
  5. Error / Bugs
    • Error bisa terjadi karena faktor penggunaan (human error) atau bisa juga terjadi karena memang ada teknologi yang tidak up to date.
  6. Hack / Retas
    • Sudahkah dipikirkan apa yang akan Anda lakukan apabila website Anda terkena hack?
  7. Layanan Bantuan
    • Bagaimana jika Anda mengalami kesulitan penggunaan website meskipun sudah membaca buku panduanya?

Lalu apa hubunganya dengan biaya perpanjangan website?

Hubunganya sudah jelas, jika Anda tidak memperpanjang maka Anda tidak akan mendapatkan 7 poin diatas. Dengan kata lain website akan mati total karena domain & hostingya sudah expired. Jadi biaya perpanjangan website gunanya adalah untuk pengadaan 7 poin diatas, dan ini sangat-sangat kami rekomendasikan demi kelancaran bisnis Anda. Dengan membayar biaya perpanjangan, website sudah menjadi tanggung jawab vendor. Anda cukup fokus dengan perkembangan bisnis dan berbagai ide marketingnya. Untuk website serahkan saja pada ahlinya.

Bagaimana jika Anda sudah punya hosting & domain sendiri?

Sebenarnya tidak masalah selama Anda benar-benar tahu segala konsekuensinya. Anda bisa membaca selengkapnya di artikel Membuat Website Dengan Hosting & Domain Sendiri untuk mengetahui segala resiko yang ada. Semoga artikel ini bisa menjawab semua pertanyaan dan menjadi solusi untuk perkembangan bisnis Anda. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *