Fitur GO-PAY Pada Website
Fitur Website, Tanya Jawab, Tips Website

Fitur GO-PAY Pada Website Toko Online

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang fitur GO-PAY pada website, yuk kita bahas dulu asal-usulnya. Seperti yang Anda tahu, untuk sukses membangun usaha di era digital kita dituntut untuk terus berinovasi dengan produk dan layanan kita. Salah satu yang paling marak saat ini adalah munculnya perusahaan Fintech (Financial Technology). Fintech adalah jenis perusahaan yang bergerak dibidang alat pembayaran digital atau biasa kita sebut dengan dompet digital. Dan, salah satu yang paling dikenal adalah GO-PAY. Aplikasi besutan raksasa unicorn GO-JEK ini adalah yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain mempunyai banyak merchant, GO-PAY juga terkenal dengan promo caschbacknya. Pemakaianya pun relatif mudah, cukup dengan membuka aplikasi GO-JEK lalu scan QR Code di merchant yang diinginkan. Tidak sampai 3 menit pembayaran selesai. Kita juga tidak akan tahu kejutan apa saja yang akan diberikan pihak GO-PAY dimasa mendatang. Jadi, akan sangat menarik bukan kalau fitur GO-PAY pada website nangkring di toko online Anda?

Bagaimana prosedur dari fitur GO-PAY pada website toko online?

Baik, kami akan menjelaskan prosedurnya secara singkat, padat dan menggunakan bahasa awam. Prosedur jika Anda ingin punya website dengan payment gateway (metode pembayaran) GO-PAY, Anda wajib mempunyai akun Midtrans. Loh, Midtrans itu apa? baik, tenang kita akan bahas sebentar. Anda tidak perlu pusing, ini hanya logika sederhana saja, mungkin bahasanya saja agak hi-tech hehe. Midtrans adalah perusahaan / startup yang bergerak dibidang Payment Gateway. Gampanganya, dia adalah penengah antara Anda sebagai merchant/pemilik toko online dengan Bank. Loh kenapa harus ada penengah/pakai Midtrans? ya karena Anda tidak bisa berhubungan langsung dengan Bank atau Fintech jika perusahaan Anda tidak terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau perusahaan Anda adalah startup besar berlabel unicorn. Nah disitulah peran dari Midtrans, menjadi jembatan antara toko online Anda dengan Bank dan Fintech besar seperti GO-PAY. Lagipula, Midtrans juga adalah perusahaan milik GO-JEK. Sampai sini paham ya?

Lalu bagaimana syarat dan ketentuanya?

Versi lengkap dari syarat dan ketentuan nanti akan diberikan langsung oleh pihak Midtrans berupa dokumen yang bisa Anda baca. Pada artikel ini akan kami jelaskan poin-poin pentingnya saja, diantaranya :

  1. Anda wajib menyertakan scan KTP, NPWP dan Rekening Bank dengan nama terang yang sama. Ingat, nama terangnya harus sama ya. Anda cukup berikan kepada kami saat order website, dan kami akan mengurus sisanya. Akun Midtrans akan kami berikan bersamaan dengan akun website Anda.
  2. Ketika kustomer Anda selesai membayar lewat GO-PAY, uang akan masuk ke Midtrans terlebih dahulu. Jadi tidak langsung masuk ke rekening bank Anda. Anda bisa mengambil uang Anda dalam 5 hari kedepan.
  3. Cara mengambil uang dari Midtrans sangatlah mudah. Anda cukup masuk ke akun dashboard Midtrans, lalu melakukan penarikan saldo.
  4. Pihak Midtrans akan mengenakan biaya sebesar 2% per Transaksi (sudah termasuk PPN).

Bagaimana caranya pembeli melakukan pembayaran di website yang ada fitur pembayaran via GO-PAY?

  • Jika pembeli melakukan pembelian via PC/laptop, pembeli hanya perlu scan QR code pada halaman pembayaran.
  • Jika pembelian dilakukan lewat HP/smartphone, pembeli akan dialihkan secara langsung (otomatis) ke aplikasi GO-JEK.

Berikut kami lampirkan beberapa foto proses pembayarn via GO-PAY :

Kami rasa itu saja poin penting yang harus dipahami sebelum menggunakan fitur GO-PAY pada website toko online Anda. Ribuan pengusaha milenial sudah bergabung dan menggunakan fitur ini untuk mengembangkan bisnisnya. Anda kapan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *