Fitur Website Selama Pandemi
Fitur Website, Tips Website

Fitur Website Selama Pandemi, Ayo Adaptasi!

Pada artikel ini kita akan membahas secara detail tentang fitur website selama pandemi. Kita semua sudah pasti sadar tentang perekonomian negara kita saat ini. Pandemi Corona berdampak sangat besar pada daya beli masyarakat Indonesia. Banyak perusahaan besar yang merumahkan karyawanya karena mengalami krisis besar-besaran. Maklum, bisnis besar pasti memiliki resiko yang juga besar. Selain perusahaan besar, ternyata pandemi juga berdampak sampai ke level UMKM/para pengusaha kecil. Lemahnya daya beli masyarakat jelas menjadi faktor utama, mereka lebih memilih saving money daripada belanja kebutuhan tidak pokok. Selain itu masyarakat juga takut akan penyebaran virus dari proses transaksi yang dia lakukan. Beberapa perusahaan yang mempunyai finansial kuat, tentu dengan mudahnya langsung bisa adaptasi. Mereka dengan mudahnya membangun sistem transaksi online dengan fitur khusus dimasa pandemi. Namun bagaimana dengan UMKM dengan modal terbatas?. Tenang, PT Solusi Digital Industri sudah mempunyai solusi untuk keduanya. Apa saja fitur website selama pandemi yang sudah kami siapkan?

PT Solusi Digital Industri akhirnya mengeluarkan tiga produk khusus sebagai solusi bisnis di tengah pandemi. Kita bahas satu persatu ya.

  1. Sistroo Untuk Bisnis Skala Besar (Website E-Commerce, Mobile Apps & Point of Sales)
      • Sistroo merupakan singkatan dari Sistem Transaksi Online. Fokus utamanya adalah pada penyediaan dukungan digital mandiri untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, kami akan membantu Anda untuk lepas dari ketergantungan aplikasi pihak ke-3. Ini akan menjadi solusi untuk Anda pemilik usaha dengan proses bisnis yang unik/khusus.
      • Sistroo menyediakan 3 sistem yang diperuntukan untuk :
        • Pemilik Usaha
        • Pembeli
        • Jasa Pengiriman / Driver
      • Sederhananya, Anda akan memiliki aplikasi seperti GoJek (GoFood)/Grabfood namun milik perusahaan Anda sendiri.
      • Dengan Sistroo pemilik usaha akan memiliki keuntungan penuh dan bisa menerapkan alur bisnis sesuai dengan proses bisnis perusahaan.
      • Lalu apa fitur website selama pandemi yang ada di Sistroo?

      • Dengan pengelolaan digital secara mandiri, pemilik usaha bisa menentukan aturan khusus untuk berbisnis di tengah pandemi. Misalnya :
        • Dengan membuat SOP khusus pandemi untuk para kurir delivery. Dengan begitu baik Anda maupun kustomer tidak akan bertemu dengan orang random yang bisa jadi membawa virus.
        • Anda bisa menginformasikan secara detail di website & aplikasi Anda tentang kewaspadaan perusahaan Anda pada virus. Ini jelas akan meningkatkan kepercayaan kustomer pada bisnis Anda.
        • Selain itu juga tentunya dukungan fitur khusus seperti notifikasi promo ke semua kustomer, penentuan tarif kurir pribadi, fitur point & rewards, kupon belanja, dll yang bisa memaksimalkan keuntungan Anda meskipun ditengah pandemi.
      • Estimasi harga Sistroo adalah 75 juta s/d 250 juta rupiah (menyesuaikan dengan scope yang diminta).
      • Karena ini merupakan produk yang bersifat Custom Development, untuk informasi selengkapnya Anda bisa menghubungi kami.

  2. WooCommerce Untuk Bisnis Skala Kecil (Website E-Commerce)
    • Website ini dibangun menggunakan CMS WordPress dan Plugin WooCommerce.
    • Untuk meminimalisir harga, WooCommerce hanya bisa kami deliver dalam bentuk website saja. Namun itu tidak menjadi masalah karena website ini sudah responsive mobile.
    • Sederhananya WooCommerce itu adalah website toko online yang didesain dan diberikan fitur khusus untuk menjalani bisnis di tengah pandemi virus.
    • Lalu apa fitur website selama pandemi yang ada di WooCommerce?

    • Kami akan pisahkan menjadi dua macam fitur, yaitu fitur umum dan fitur khusus :
      • Fitur khusus :
        • Sistem pengaturan ongkos kirim manual & otomatis. Pemilik website bisa memilih ingin menggunakan sistem ongkos kirim nasional seperti Tiki, JNE, POS, dll. Namun jika ingin mengatur ongkos kirim hanya ke beberapa kota saja, WooCommerce juga sanggup melakukanya.
        • Notifikasi / invoice via WhatsApp untuk memudahkan kustomer dalam transaksi.
        • Ongkos kirim dengan perhitungan / satuan jarak.
        • Sistem pembelian secara grosir / wholesaler.
        • Penjualan produk digital (bisa download/unduh file setelah order). Ini sangatlah berguna apabila Anda berjualan produk digital seperti preset lightroom, e-book, template Power Point, dll.
      • Fitur umum :
        • Untuk fitur umum WooCommerce, bisa Anda baca selengkapnya di artikel ini.
    • Harga website yang dibangun menggunakan WooCommerce bisa Anda lihat di halaman ini.
  3. SembakoWebsite Kilat Untuk UKM
    • Sembako adalah website dengan konsep yang sangat sederhana baik dari segi fitur maupun desain. Meskipun sederhana, fitur yang ada di website ini sangatlah efektif untuk membantu UMKM berjualan dikala pandemi. Berikut fitur utama dari website kilat Sembako :
      • Notifikasi WhatsApp. Ini adalah fitur kirim notifikasi pemesanan melalui WhatsApp dari kustomer kepada penjual. Sangat efektif untuk berjualan di pedesaan / daerah yang belum menyentuh era digital.
      • Pengaturan Ongkir Manual. Fitur yang membuat Anda bisa mengatur sendiri biaya pengiriman hanya untuk kota-kota tertentu saja. Artinya, Anda bisa menentukan hanya bisa berjualan kemana saja (bisa delivery ke kota tertentu saja).
      • Belanja Cepat. Fitur ini sangat efektif digunakan untuk kustomer berbelanja via mobile / smartphone.
      • WhatsApp Widget Chat. Dari namanya Anda mungkin sudah bisa menebak. Fitur ini adalah tombol WhatsApp yang ada di kanan/kiri bawah website. Jika diklik, akan langsung menuju ke WhatsApp penjual.
      • Manajemen Kupon Diskon. Penjual bisa membuat kode kupon agar pembeli mendapat diskon saat berbelanja.
    • Harga, demo website & informasi selengkapnya bisa Anda baca di halaman ini.

Itu adalah 3 (tiga) fitur website selama pandemi yang kami sediakan untuk Anda.

Salah satu sifat seorang pengusaha adalah cara mereka ber-adaptasi dengan keadaan. Adaptasi terbaik dikala pandemi adalah dengan cara membangun sistem yang mampu men-digitalisasi perusahaan Anda. Kami, PT Solusi Digital Industri siap membantu Anda. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *