Google Ads Remarketing
Tanya Jawab, Tips Google AdWords

Google Ads Remarketing – Jurus Marketing Paling Ampuh!

Perlu Anda ketahui bahwa Google Ads Remarketing adalah salah satu jurus marketing paling ampuh di Era Digital. Sangking ampuhnya, bahkan kami sendiripun masih suka heran dengan efektifitasnya. Sepertinya luar biasa sekali ya, pengen tahu apa alasanya? sudah siapkah Anda membahas tentang apa itu Google Ads Remarketing? oke yuk, kita bahas bersama ya. Pada artikel ini saya akan menggunakan bahasa yang mudah dipahami (bahasa perumpamaan), agar Anda tidak pusing dan bosan membacanya. Kita semua tahu bahwa di dunia ini ada perusahaan raksasa yang super hebat, yaitu Google. Kapanpun kita butuh informasi, hal pertama yang selalu saja kita lakukan adalah : Googling. Jutaan orang di Indonesia, lebih tepatnya 200 juta jiwa lebih orang Indonesia melakukan hal tersebut setiap harinya. Bisakah Anda membayangkan : “Bagaimana jika bisnis Anda ada di Google saat orang melakukan Googling?”. Bagaimana jika 200 juta jiwa tersebut memesan produk Anda?. Atau mungkin pertanyaan sebenarnya adalah : Bagaimana cara melakukanya?

Jawaban yang paling tepat dari pertanyaan diatas adalah : membangun website yang reliabel dan meng-iklankanya dengan Google Ads & Google Ads Remarketing. Sebelum lebih jauh, Anda juga bisa membaca Apa Itu Google Ads? Bagaimana Cara Kerjanya? untuk mengetahui lebih lanjut tentang Google Ads. Jadi, di artikel ini saya tidak akan membahas terlalu banyak tentang arti atau penjelasan, namun tentang bagaimana prosesnya saja.

Penjelasan Singkat Tentang Google Ads / AdWords

Secara singkat, Google Ads adalah metode iklan yang bisa membuat website Anda diakses jutaan orang di seluruh Indonesia. Caranya adalah dengan cara mengisi saldo iklan di Google. Biayanya bebas, isi saldo iklan berapapun bisa dan sah-sah saja. Namun sebaiknya serahkan saja pada vendor agar dibantu menentukan nilai ideal dari iklan yang mau dijalankan. Saldo akan berkurang ketika iklan Anda tampil dan di-klik orang. Ketika saldo habis, Anda wajib mengisinya lagi.

Isi saldo terus menerus? Wah boros donk?

Tenang, jangan putus harapan dulu gara-gara membaca tulisan diatas. Karena disinilah fungsi utama dari Google Ads Remarketing hadir sebagai solusi. Anda memang akan membelanjakan uang untuk Google Ads (kalau mau sukses memang harus keluar modal), namun Anda bisa berhenti kapan saja ketika Audience sudah cukup. Selanjutnya serahkan saja pada Google Ads Remarketing yang jauh lebih irit tarifnya.

Oke, terus bagaimana konsep Google Ads Remarketing?

Untuk mempermudah Anda memahaminya, saya buatkan diagram alur tentang bagaimana Google memaksimalkan iklan Anda. Berikut diagram dan penjelasanya :

Keterangan (Lihat Nomor) :

  1. Website yang Anda Bangun/Buat.
    • Anda wajib membangun website yang reliabel, jangan pernah membangun website di sembarang orang apalagi lewat website bidding project hanya untuk mencari harga termurah.
    • Konsultasikan dengan vendor, bangun website dengan teknologi paling tepat. Jangan datang ke vendor dengan mengatakan ingin membangun website dengan teknologi framework tertentu yang Anda tidak tahu itu apa. Konsultasikan dulu dengan ahlinya.
  2. Beriklan di Google Ads / AdWords
    • Mulailah beriklan, jangan ragu untuk iklan.
    • Sekali lagi konsultasikan tentang budget Anda. Usahakan dimulai dengan yang paling rendah dulu. Misalnya 1 atau 1,5 juta / bulan dulu selama 3 bulan.
  3. Orang Menemukan Website Anda di Google
    • Sesuai dengan penjelasan diatas, dengan Google Ads orang akan menemukan website Anda di Google.
  4. Data Orang (Audience) Akan Tersimpan di Google Analytics
    • Perlu Anda ketahui : Iklan di 3 bulan pertama digunakan untuk mendapatkan Audience. Semua data pengunjung hasil iklan akan disimpan di dalam Google Analytics. Jadi iklan 3 bulan tersebut tidaklah sia-sia.
  5. Kejar Audience (Orang Yang Datanya Tersimpan di Google Analytics) Dengan Iklan Lewat Google Ads Remarketing
    • Dengan adanya data pengunjung di Google Analytics, Anda bisa mengejar ulang orang-orang yang pernah klik iklan Anda.
    • Kabar baiknya, biayanya jauh lebih murah daripada Google AdWords. Dan justru lebih efektif karena bersifat continue (terus menerus mengulang/mengingatkan orang untuk order jasa Anda).
  6. Audience Akan Melihat Jasa Anda di Semua Media (Website/Blog, Email dan Youtube)
    • Inilah alasan kenapa di dunia ini ada yang namanya :
      • Youtuber
      • Blogger
    • Mereka punya platform tempat bernaungnya Google Adsense. Di media merekalah iklan Anda akan ditampilkan. Sehingga orang akan kembali klik iklan Anda lalu order jasa Anda.

Apakah sampai sini Anda sudah paham tentang Google Ads Remarketing?

Intinya adalah, rantai makanan diatas akan terus berulang-ulang sehingga inbound website Anda akan sangat baik. Dengan begitu, Anda akan terus menerus mendapatkan kustomer yang loyal. Kustomer Anda akan tersaring dari yang tidak begitu minat, menjadi yang sangat minat. Dan semua data akan Anda simpan dalam akun Google Analytics. Luar biasa bukan?

Semoga artikel ini bisa menjadi titik terang rasa penasaran Anda selama ini tentang bisnis dengan Google. Jika Anda masih bingung, jangan ragu untuk konsultasi dengan kami. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua. Salam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *