Membuat Website Dengan Hosting & Domain Sendiri
Tanya Jawab, Tips Website

Membuat Website Dengan Hosting & Domain Sendiri

Di era digital ini, membuat website memang sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik usaha dan instansi. Sebagai vendor IT yang sudah berpengalaman lebih dari 7 tahun, kami sudah mengukuhkan lebih dari 1.000 kustomer di Indonesia maupun di luar negeri (fluktuatif expired & renewal). Untuk harga pembuatan websitenya, kami juga sudah menyediakan paket website perusahaan dan paket toko online. Namun, bagaimana jika Anda ingin membuat website tapi sudah punya atau ingin pakai hosting dan domain sendiri?. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, biasanya perusahaan Anda sudah lebih dulu beli hosting untuk kebutuhan webmail. Faktor lainya adalah Anda mendapatkan bisikan dari teman (amatiran) untuk membeli hosting sendiri agar datanya aman/jadi hak milik. Lalu apakah memang itu pilihan yang tepat? atau justru itu adalah blunder terbesar yang Anda buat?. Jawabanya akan kita gali bersama di artikel ini. Baca sampai akhir dan tentukan sendiri pilihan Anda.

Apakah salah jika membuat website dengan hosting dan domain sendiri?

Begini, kami rasa lebih baik jangan libatkan domain. Memiliki domain adalah hak semua orang karena domain adalah merk Anda di internet. Jadi tidak masalah jika Anda ingin menggunakan domain yang sudah Anda beli sendiri. Asal, Anda memang tahu persis tentang apa itu domain dan bagaimana cara memilikinya. Yang perlu Anda perhatikan dalam memiliki domain :

  1. Pastikan Anda sendiri yang membeli domain tersebut.
  2. Jangan sampai lupa tempat belinya dimana.
  3. Harus ingat email dan passwordnya.
  4. Jangan pernah berikan akun pembelian domain kepada siapapun.
  5. Dan tentu saja selalu perpanjanglah setiap tahunya.

Ke-5 poin diatas sangatlah mandatori, jangan sampai tidak bisa memenuhi. Jika memang tidak sanggup memenuhi atau merasa tidak paham, sebaiknya serahkan saja pada vendor. Anda cukup fokus mengatur bisnis Anda dari rumah/kantor.

Ok, pakai domain sendiri aman. Bagaimana jika membuat website pakai hosting sendiri?

Secara garis besar kami tidak begitu merekomendasikan membuat website dengan hosting sendiri. Ibaratkan membeli mobil, Anda tidak membeli mobil dari dealer tapi sekedar membeli mobil kosongan (tanpa STNK dan BPKB). Ketika rusak, Anda tidak tahu mau kemana. Sama halnya dengan membangun website dengan hosting Anda sendiri, kami akan menjualnya secara lepas kepada Anda.

Tidak semua hosting sanggup bekerja dengan baik dalam menjalankan website buatan kami.

Website yang kami bangun sudah kami atur sedemikian rupa chemistry-nya dengan server/hosting. Dengan segudang fitur yang ada, website buatan kami hanya bisa berjalan di hosting yang reliabel. Sekalinya Anda membeli hosting abal-abal yang harganya murah/murahan, website akan down sepanjang hari dan berujung sia-sia saja.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui apabila membuat website dengan hosting sendiri :

  1. Apabila ada kendala, kami sebagai vendor tidak akan lagi membantu/mensupport Anda. Anda bisa langsung minta bantuan ke vendor hosting tempat Anda membeli.
  2. Jika hosting Anda murah/murahan, website akan sangat sering down atau mati. Kami tidak akan merespon dan membantu hal tersebut. Langsung tanyakan kepada vendor hostingnya.
  3. Ada kemungkinan sering terjadi error pada beberapa fitur, misalnya :
    • Integrasi ongkos kirim
    • Visual Builder (tool untuk editing halaman)
    • Shipping GoSend
    • Halaman website menjadi blank putih
    • Slider / slide show error.
  4. Kami tidak bisa memberikan free backup bulanan untuk jaminan keamanan.
  5. Dan juga tidak bisa kami berikan garansi apabila terkena serangan hacker.
  6. Satu-satunya yang kami berikan sebagai pelayanan adalah dokumen panduan saja dan beberapa video di Youtube kami.

Jika hal diatas terjadi pada website Anda, tentu malah akan merepotkan Anda bukan?. Keinginan awal Anda mungkin ingin mandiri tanpa vendor, tapi justru menjadi malapetaka.

Kami tekankan kembali bahwa hal ini bukan karena kami ingin memaksa Anda untuk menggunakan hosting pilihan kami. Bukan juga alasan kami agar mendapatkan biaya renewal setiap tahunya.

Kami melakukan ini karena memang lebih leluasa dalam mensuport/melayani kustomer yang  websitenya ada di dalam hosting yang memang sudah kami maintenance. Jadi, secara otomatis kustomer kami akan lebih puas dengan layanan dan produk kami. Dan tentu saja ini bisa meminimalisir review buruk dari kustomer, padahal itu adalah kesalahanya sendiri atau bisa jadi kesalahan pihak vendor hosting.

Lalu bagaimana solusinya jika ingin tetap membuat website menggunakan hosting sendiri?

Kami  tetap merekomendasikan untuk menyerahkan sepenuhnya kepada kami sebagai vendor. Tapi ada satu solusi jika memang Anda ingin menggunakan hosting sendiri. Solusinya adalah membeli hosting yang bagus dan terpercaya. Kualitas server harus bagus dan tim supportnya harus fast response. Jadi jika ada kendala, Anda tidak perlu bingung mau lari kemana.

Kami ada setidaknya 3 rekomendasi vendor hosting yang bagus dan terpercaya. Untuk mengetahui vendor hosting mana saja yang kami rekomendasikan, Anda bisa menghubungi kami secara langsung saja. Kami tidak mempublish karena memang tidak ada jalinan kerjasama atau afiliasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *