Tips Google AdWords, Tips SEO

Perbedaan Google AdWords dan SEO

Halo selamat malam/pagi/siang/sore, terimakasih sudah mampir ke kolom berita solusidigital.co.id. Jika Anda sedang mencari informasi tentang bagaimana agar bisnis Anda mudah ditemukan di Google, sebaiknya jangan close/tutup website ini. Segera buat kopi hitam favorit Anda dan teruskan membaca artikel ini sampai selesai. Kenapa?, karena di artikel ini saya akan membahas tentang apa itu Google AdWords dan apa itu SEO. Inti dari artikel ini atau pokok pembahasanya adalah ada di perbedaan Google AdWords dan SEO. Kenapa saya bahas ini? karena banyak sekali yang bingung dan sering menanyakan apa perbedaan diantara keduanya. Oh iya, saya itu siapa? perkenalkan nama saya Edi Kurniawan. Saya menekuni web design/development sejak dibangku SMP kemudian melanjutkan kuliah di Telkom University, Bandung lalu belajar digital marketing di Jakarta sejak tahun 2012 hingga sekarang. Itu profil singkat saya 🙂 . Baik, sebelum membahas tentang perbedaan Google AdWords dan SEO mungkin sebaiknya saya akan kasih tahu dulu apa persamaan diantara keduanya. Tenang, saya tidak akan menggunakan bahasa teknis yang membuat Anda pusing jika Anda termasuk orang yang awam atau gaptek. Persamaanya adalah baik Google AdWords maupun SEO berguna agar website Anda berada di halaman pertama Google saat orang mencari produk/jasa perusahaan Anda. Loh penting nggak sih berada di halaman pertama Google? jawabanya sebenarnya relatif, tergantung pada jenis usaha yang Anda tekuni. Namun secara overall untuk perusahaan yang menyediakan jasa/services, saya pastikan SEO dan Google AdWords sangatlah vital untuk mendongkrak penjualan dan memperbaiki cashflow perusahaan Anda terlebih di era digital seperti sekarang. Diartikel sebelumnya pun sudah saya jelaskan dan saya rekomendasikan untuk segera  membuat website kemudian diiklankan secara rutin setiap bulanya atau bisnis Anda akan berakhir seperti yang sudah dijelaskan di artikel Nasib Bisnis Yang Tidak Ada di Internet. Baik, saya rasa cukup jelas penjelasan mengenai fungsi Google AdWords dan SEO. Bahkan mungkin tanpa saya jelaskan seperti diatas pun mungkin Anda sudah sering mendengarnya. Jadi, Jika sama-sama  menjadi solusi agar bisa di halaman pertama Google, lalu apa beda diantara keduanya? mari temukan jawabanya disini 🙂

Kekurangan dan Kelebihan SEO

  • Kekurangan SEO
    • Harganya relatif mahal & NETT / no nego
    • Pengerjaanya lama. kurang lebih 3 bulan
    • Umur website harus lebih Dari 3 bulan
    • Ada resiko gagal meskipun kecil. Jika gagal, ada refund namun tidak 100%. Bahkan ada yang tidak bisa direfund. Jika Anda seorang risk taker kami siap melayani, tapi jika Anda orang yang ragu sebaiknya menggunakan Google AdWords.
  • Kelebihan SEO
    • Bayarnya cuma sekali diawal, selanjutnya menikmati hasil
    • Tidak ada biaya perklik, justru semakin diklik semakin stabil di halaman pertama
    • Sifatnya organik, artinya reputasi website anda memang bagus
    • Apabila ngeblog, artikel anda jadi mudah terindex Google
    • Tampil terus menerus 24 Jam sepanjang tahun tanpa jeda
  • Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan SEO
    • Semua UKM yang menjual jasa namun tanpa mengedepankan nama brand. Misalnya : jasa pembuatan neonbox. Orang hanya butuh neonboxnya jadi, dia tidak peduli dari perusahaan mana karena rata-rata kualitasnya sama saja.

Kelebihan dan Kekurangan Google AdWords

  • Kekurangan Google AdWords
    • Harus bayar setiap bulan agar tampil di halaman pertama Google
    • Kalau iklan Anda diklik, saldo iklan Anda berkurang. Kalau habis harus bayar lagi.
    • Sifatnya non organik, artine website Anda memang di halaman 1 Google namun untuk masalah reputasi belum tentu baiknya.
    • Tidak selalu tampil 24 jam sepanjang tahun. Semua tergantung budget/saldo iklan Anda. Makin banyak saldo makin sering tampil, makin sedikit saldo semakin jarang tampil.
  • Kelebihan Google AdWords
    • Harganya flexible, Anda bisa menentukan sendiri budget/saldo iklan Anda. Benar-benar bebas.
    • Pengerjaan cepat, setelah Anda isi saldo iklan Anda langsung aktif.
    • Umur website bebas.
    • Tidak ada resiko gagal, tapi ada resiko ditolak karena tidak memenuhi syarat. Jika ditolak Anda tidak akan dikenakan biaya.
  • Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan Google AdWords
    • Semua UKM baik yang mengedepankan brand maupun tidak.
    • Produk fashion skala besar (bukan dropshiper)
    • Parfum original
    • Fotografer
    • Dan hampir semua bidang usaha (konsultasikan saja dengan kami)

Yak, itu adalah penjelasan mengenai perbedaan antara Google AdWords dan SEO. Setelah membaca ini harusnya Anda sudah bisa menentukan type iklan mana yang cocok dengan usaha Anda. Jika masih bingung, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami 🙂 .

Salam.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *