Tips Merawat Website Untuk Pemula
Tips Website

Tips Merawat Website Untuk Pemula

Pada artikel ini kami akan membagikan tips merawat website untuk pemula atau para pemilik website. Apa sih motivasi kami membuat artikel ini? tidak lain adalah karena banyaknya calon kustomer yang menanyakan tentang biaya maintenance tanpa mengetahui apa saja yang harus dimaintenance. Perlu dikertahui, sebenarnya kami pun menyediakan jasa maintenance website. Namun, harga dari jasa maintenance tersebut bisa terbilang sangat tinggi dan hanya berlaku untuk kerjasama bisnis B2B (antar perusahaan/PT). Selain jasa yang kami sediakan tersebut, sebenarnya pada setiap pembelian website pun sudah kami berikan layanan free maintenance yang bisa Anda baca di sini. Meskipun begitu kami rasa akan lebih baik lagi jika pemilik website bisa merawat websitenya sendiri. Kenapa begitu? karena selain ini demi kesehatan website, tips merawat website ini juga berpengaruh pada reputasi website di Google. Website Anda juga akan terlihat aktif seperti halnya sosial media. Oke daripada berlama-lama, kita langsung saja ya.

“Update Plugin, Themes dan Core WordPress Adalah Wajib”

  1. Update/Perbaharui Plugin, Themes & Core WordPress
    • Ketika notifikasi update plugin, themes atau core wordpress sudah ada di dashboard website Anda, usahakan langsung klik perbaharui. Jika terlalu lama out of date (terlalu lama tidak diupdate), plugin dan themes bisa dianggap spam oleh hosting atau Google. Jika kesulitan hubungi developer ya, karena tidak semua plugin atau themes bisa diupdate sendiri oleh non-developer/awam.
  2. Scan Virus Dari Cpanel Secara Berkala
    • Di beberapa hosting modern biasanya sudah dibekali dengan alat Virus Scanner. Anda bisa menemukanya di Cpanel hosting website Anda. Modal klik-klik saja, fitur tersebut akan men-scan virus di website Anda dan juga bisa menghapus virus tersebut apabila ditemukan. Lakukan hal ini setidaknya seminggu sekali.
  3. Tulis Artikel Seminggu Sekali
    • Usahakan untuk menulis artikel di website Anda setiap minggunya. Tapi konten wajib original buatan Anda sendiri, sangat dilarang melakukan copy-pasteĀ dari website lain. Website Anda bisa langsung kena bannedĀ jika menjiplak konten artikel dari website lain. Jumlah kata dalam 1 artikel juga diwajibkan lebih dari 300 kata dan gunakan foto non license apabila membutuhkan. Jika perlu, instal plugin Yoast SEO untuk mendapatkan bimbingan menulis artikel yang sesuai aturan/regulasi Google.
  4. Jangan Memakai Foto/Konten Ilegal
    • Jangan pernah sekalipun menggunakan foto dari Google untuk keperluan konten di website Anda. Ini sangat penting karena website Anda akan diblock dan tidak akan pernah lolos verifikasi Google Ads/AdWords. Gunakan foto original Anda sendiri atau download di situs stok foto gratis seperti Unsplash, Pixabay atau Pexels.
  5. Hindari Instal Plugin Gratis
    • Jangan pernah instal plugin gratisan dari dashboard WordPress. Website Anda bisa terkena spam atau malware yang sangat berbahaya. Konsultasikan dulu dengan developer apabila ingin instal plugin.
  6. Jangan Membuat Spam Backlink
    • Hindari terlalu banyak meninggalkan link di kolom komentar website lain. Cara itu sudah sangat kuno dan sangat dibenci oleh Google. Website Anda akan dianggap spam dan bisa hilang dari Google selamanya.

Apakah tips merawat website diatas sudah cukup untuk pemula?

Untuk seorang pemula, saya rasa tips diatas sudah lebih dari cukup. Apabila masih ada yang belum jelas, silahkan dikonsultasikan kembali dengan kami. Kami selalu siap membantu Anda. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *