Website di Halaman Pertama Google
Tips Google AdWords, Tips SEO, Tips Website

Website di Halaman Pertama Google, Bagaimana Caranya?

Anda ingin punya website di halaman pertama Google? tentu saja Anda bukan satu-satunya orang yang menginginkanya. Ada ribuan bahkan jutaan orang di Indonesia berpikiran sama dengan Anda. Namun, apakah mereka benar-benar tahu bagaimana caranya? mari kita bahas bersama. Untuk mempunyai website yang mampu berada di halaman pertama Google pencarian, Anda wajib memenuhi beberapa syarat. Apa saja syarat wajib tersebut? syarat pertama adalah tentu saja Anda harus punya atau membangun website (jika belum punya) dengan kualitas yang profesional / reliabel. Tentunya Anda wajib menentukan terlebih dahulu jenis website apa yang Anda butuhkan, apakah website perusahaan / jasa atau toko online. Jika sudah punya website yang profesional, selanjutnya Anda tinggal memilih salah satu diantara 2 cara optimasi (atau bisa pakai keduanya jika budget lebih). 2 cara tersebut adalah :

  1. Google Ads / Google AdWords
    • Singkatnya, Anda bisa isi ulang saldo iklan di Google setiap bulanya. Semakin sering diklik, saldo akan semakin habis. Kemudian tinggal isi ulang lagi diawal bulan. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai apa itu Google Ads bisa Anda baca disini.
    • Jika Anda punya uang lebih dan tidak takut kehilangan banyak uang untuk percobaan, Anda bisa mencoba sendiri di halaman resmi Google Ads (tidak direkomendasikan).
  2. SEO
    • Berbeda dengan Google Ads, SEO adalah jenis produk organiknya Google. Singkatnya, Anda tidak perlu melakukan isi ulang saldo iklan setiap bulan di Google. Justru semakin diklik, semakin stabil di halaman pertama Google. Namun, dari segi pembiayaan awal SEO akan jauh lebih mahal. Baca Perbedaan Google AdWords dan SEO untuk lebih jelasnya.

Website di Halaman Pertama Google apakah menjamin suksesnya bisnis saya?

Kedua cara diatas adalah syarat wajib bagi siapapun yang ingin jasa/produknya ada di halaman pertama Google. Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa tidak semua bisnis bisa / cocok menggunakan Google Ads atau SEO. Jadi sebaiknya Anda berkonsultasi dengan vendor digital marketing agency terlebih dahulu sebelum meng-eksekusi iklan. Sukses dan tidaknya bisnis Anda bergantung dari tepat dan tidaknya metode iklan yang Anda pilih.

Pada umunya SEO sebaiknya digunakan untuk marketing jasa atau profesional dalam bidang tertentu. Untuk produk fashion, sebaiknya jangan menggunakan SEO tapi akan lebih efektif dengan Google Ads atau Social Media Ads. Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada yang lebih baik diantara keduanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *